Mari Buka Jendela

oleh Rose Chen

Pepatah bilang, buku adalah jendela dunia.

Kata pepatah lagi, dunia tak selebar daun kelor.

Lalu ada lagi pepatah yang mengatakan, jangan jadi katak di bawah tempurung. (Siapa sih pepatah ini ya? Pasti dia cerewet sekali.)

Dan yang berbahasa Inggris bilang, little drops of water make the mighty ocean.

Di waktu saya kecil, dunia saya hanya rumah, perlahan lahan, dunia saya meluas ke tempat-tempat orang tua saya membawa saya. Setelah saya sekolah, dunia saya melebar ke sekolah. Di sekolah saya mulai membaca buku. Di sekolah saya tau, dunia bukan hanya kota di mana saya tinggal.

Semakin banyak membaca, semakin kecanduan saya kepada buku.

Dari buku, saya baca cerita-cerita hasil imajinasi pengarang.

Dari buku, saya baca kisah-kisah nyata yang pernah terjadi dalam hidup seseorang.

Dari buku, saya belajar bahwa tiap pribadi mempunyai karakter yang berbeda.

Dari buku, saya menyadari perbedaan budaya berbagai negara.

Dari buku, saya baca tragedi-tragedi yang terjadi pada satu negara.

Dari buku, saya belajar melukis.

Dari buku, saya belajar mengkait.

Dari buku, saya belajar ini, belajar itu…

Dari buku, saya tau, dunia benar benar tak selebar daun kelor.

Buku, bukan sekedar jendela dunia, buku adalah guru. Buku, juga adalah teman.

Buku, seperti manusia, juga ada yang berguna dan ada yang sampah.

Karena itu, saya tak ingin menjadi katak di bawah tempurung, saya tak mau hanya berada dalam gelembung yang nyaman, karena saya tau, di luar gelembung ini, banyak sesama saya, yang menderita.

Saya sendiri, tak sanggup memperbaiki dunia, tapi tidakkah tetes-tetes kecil air yang membentuk lautan? Kita semua adalah tetes-tetes air itu. Untuk membuat dunia menjadi tempat tinggal kita yang lebih baik, marilah terlebih dahulu kita mendidik diri sendiri, melalui buku.

Catatan :

Bagi yang membaca buku, dipersilahkan membagi pikiran dan pendapat tentang buku yang telah anda baca. Buku apa yang anda rekomendasikan untuk kita semua? Bisa anda tulis di comment dan lebih dihargai kalau anda menulis book review, kirim ke patahtumbuh@mail.com. Admin akan mempertimbangkan untuk diposting dengan nama anda. Terimakasih atas kesediaan anda berbagi pelajaran kepada tetes-tetes air lain di sini.

Tinggalkan Balasan

