Ngapain Ke Gym?

oleh Rose Chen

Menyenangkan hati orang mudah sekali, menyinggung hati orang jauh lebih mudah. Dikatakan jelek atau gemuk, marah; dibilang kurus juga marah. Kalau dipuji ramping, dia pikir kita menyindir. Payah. Tapi ada satu keadaan yang biasanya tidak buat orang marah : dipuji dengan tulus dan dia percaya diri bahwa pujian itu memang pada tempatnya. Siapa tidak tahu marah itu tidak baik? Siapa tidak tahu lemak yang berlebih di tubuh tidak baik? Tidak ada. Bagaimana cara supaya lemak itu tidak betah di tubuh kita, itu yang banyak orang tidak tahu atau pura-pura tidak tahu atau tidak mau tahu.

Berawal dari sakit punggung yang semakin hari semakin tidak tertahankan, saya memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter. Hasil rontgen adalah scoliosis, suatu keadaan di mana tulang punggung yang kalau dilihat dari depan atau belakang harusnya lurus, tetapi jadi berbentuk huruf S. Saya dianjurkan fisioterapi dan setelah beberapa waktu, dokter menganjurkan saya melakukan yoga. Dari sanalah awal saya mulai aktif latihan (workout).

Di usia yang sudah berawalan empat, tidak pernah melakukan olah raga apapun kecuali kerjaan rumah tangga sehari-hari, masak, nyuci gosok, ngepel, naik turun tangga, gendong anak, bercocok tanam di pot, anda bisa bayangkan bagaimana perasaan saya waktu mulai melakukan yoga. Pergi ke kelas yang pesertanya semua sudah pada hebat-hebat (menurut saya pada waktu itu sebagai seorang pemula). Semua malu saya abaikan demi kesehatan.

Lebih kurang setahun melakukan yoga (seminggu dua kali karena terbatasnya waktu), saya mulai berkenalan dengan gym. Pengetahuan mengenai pentingnya workout saya peroleh dari pelatih pribadi, teman-teman dan banyak membaca. Setelah hampir dua tahun, saya merasakan betul perubahan positif dalam diri saya. Hal yang penting dan baik seperti ini, sungguh egois kalau saya simpan sendiri dan tidak berbagi kepada pembaca.

workout6

Untuk Apa Workout?

Semua berat badan kita disangga oleh tulang punggung dan tungkai. Otot melindungi dan menyangga tulang. Semakin berat badan kita, semakin besar beban terhadap tulang, punggung, jantung, sendi lutut dan bagian tubuh lainnya. Apakah itu karena lemak di badan yang berlebihan karena kebiasaan makan yang tidak baik atau karena penyakit yang menyebabkan berat badan tidak terkontrol ataupun karena kehamilan.  Untuk itu kita perlu otot dan tulang yang kuat.

Untuk memiliki tubuh yang kuat dan sehat, kita perlu memperhatikan tiga hal besar:  Gaya hidup, exercise dan diet . Apakah gaya hidup kita adalah gaya hidup positif? Berpikir dan bertindak positif? Tidak sering marah ataupun menghabiskan waktu gosip dengan teman-teman, meng’cyber-bully‘ orang lain. Tidak seharian nonton sinetron. Tidak seharian main game internet. Apakah kita ada menyisihkan waktu untuk peduli kepada sesama? Untuk Tuhan kita? Apakah kita ada menyisihkan waktu untuk olah raga? Kalau anda menjawab semua dengan : ya, ada! Bravo untuk anda. Tetapi semua itu belum lengkap kalau tidak disertai diet yang baik. Diet dalam arti makan sehat, bukan membatasi makan hingga jadi kurus kering atau makan sepuasnya lalu dimuntahkan lagi supaya tidak menjadi gemuk.

workou11

Workout yang teratur:

1. Menguatkan jantung dan paru-paru

2. Menurunkan tekanan darah

3. Menurunkan resiko diabetes, kelainan metabolik dan beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan payudara.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

5. Membantu pencapaian berat badan ideal.

fat

Anda bisa lihat besarnya lemak dibanding otot dengan berat yang sama. Sewaktu anda workout, tubuh membakar lemak. Bila anda makan protein, terutama dalam waktu sejam setelah latihan, maka tubuh lebih mudah menyerap protein ini untuk memulihkan dan membentuk sel otot baru. Otot membakar kalori sedikit lebih banyak daripada lemak dengan berat yang sama. Jadi seiring dengan bertambahnya massa otot anda, lemak juga terbakar lebih cepat.

man

sumber gambar

6. Membuat tubuh jadi lebih kuat dan lentur.

Latihan kekuatan (strength training) di gym yang digabung dengan aerobik menguatkan otot, ligamen, sendi dan tendon sehingga kita menjadi lebih kuat dan fleksibel.

Pernah dengar teman mengeluh atau mungkin anda pernah alami sendiri, pada waktu hendak melakukan satu gerakan tertentu, misal, mengikat tali sepatu atau mengambil sesuatu di tempat yang tinggi, tiba-tiba terasa seperti otot pinggang atau bahu ataupun leher tertarik dan sakit sampai berhari-hari? Jika tubuh anda lebih lentur dengan latihan, hal seperti ini dapat dihindari.

7. Menguatkan tulang

Osteoporosis adalah keadaan di mana tulang kita menjadi semakin rapuh seiring bertambahnya usia. Dengan latihan, terutama latihan beban, merangsang sel tulang untuk tumbuh (sumber). Kalsium lebih mudah diserap dan tulang menjadi lebih kuat.

8. Menurunkan resiko jatuh dan patah tulang

Bagi yang latihan teratur, keseimbangan tubuh jadi lebih baik sehingga tidak gampang jatuh dan karena tulang kuat, maka tidak gampang patah.

9. Membuat tidur lebih nyenyak. Orang yang tidur cukup, setelah bangun, tubuh lebih bugar, suasana hati juga jadi lebih baik.

10. Menghilangkan stress. Saat exercise, tubuh mengeluarkan endorphin. Endorphin bekerja seperti morphin, menurunkan ambang rasa sakit dan sedatif. Tidak seperti morphin, endorphin tidak membuat kecanduan (sumber). Itu sebabnya setiap selesai exercise, kita merasa gembira (euphoric). Selain itu, dengan tercapainya berat badan ideal, image diri naik, stess juga berkurang. Orang yang jarang stress lebih awet muda.

workout1

Tidak ada kata terlambat untuk mulai berolah raga. Bahkan wanita yang sudah menopause, masih bisa menguatkan kembali tulangnya dengan olah raga yang sesuai. Tentu tidak dalam waktu singkat. Perlu diet dan olah raga  yang tepat serta kesabaran dan ketekunan untuk membangun kembali kekuatan dan kelenturan tubuh. Bila anda konsisten, masalah-masalah seperti osteoporosis, patah tulang, artritis dapat anda hindari pada usia yang sudah senja sekalipun.

workout9

Workout bisa diibaratkan bagai menabung uang untuk masa depan ke bank, dengan workout, anda menabung kesehatan.

Bagaimana memilih olah raga yang cocok? Baca di sini.

Most pictures I got from unknown source in the internet, if you own the pictures or you know who owns it, please let me know so I can give credit. Thanks.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s