Pelajaran Hari Ini

oleh Rose Chen

Orang tua kita dulu bilang, ‘Tajam pisau karena diasah’ artinya, orang menjadi pandai dan mahir karena terus belajar dan berlatih.

Satu-satunya kegiatan di luar kebutuhan vital seorang bayi adalah mempelajari dunia di luar rahim ibunya. Yang semula tidak tahu apa-apa, mulai mengerti panca indra, mulai tahu bagian-bagian tubuh dan dunia sekitar. Kemampuan belajar bayi dan anak balita sungguh mentakjubkan.

Sebagai anak sekolahan, kita belajar bersosialisasi, berbagi, tata tertib, etika dan ilmu pengetahuan, mulai dari berbahasa, berhitung, ilmu alam, kesenian, sejarah, dan lain sebagainya. Kemudian kita juga mempelajari sejarah bangsa lain, peta dunia, sastra negara lain. Begitu banyak yang kita pelajari, secara garis besar maupun mendetail. Kalau kita ingat kembali, wah, senangnya yang belajar itu. Tapi mungkin tidak begitu pikiran kita di masa itu. Mungkin itu sebabnya kita berhenti belajar, hingga suatu hari, mungkin tahun lalu, mungkin kemarin, mungkin hari ini, kita sadar, bahwa banyak hal yang kita ingin tahu lebih banyak, lebih jauh.

Jangan puas hanya karena sudah tamat, jangan puas hanya karena sudah wisuda. Setiap hari harus belajar sesuatu yang baru, untuk mencapai potensi maksimum kita, untuk menikmati apa yang ditawarkan oleh kehidupan. Tahukah anda, bahwa anda lebih pintar dari yang anda pikir? Belajar dan belajar terus, membuat kita terhindar dari pikun di masa tua.

Hambatan

– Apatis

– Merasa diri sendiri sudah pintar

– Merasa tidak ada waktu

– Merasa tidak ada dana

Mengapa Saya Harus Belajar?

Begitu banyak pengetahuan di dunia ini, apa saya harus pelajari semua? Tak mungkin toh? Orang mengartikan sukses dengan berbagai defenisi. Apakah sukses harus berarti memiliki mobil, rumah yang banyak, harta? Idealnya, sukses adalah kita memiliki keseimbangan dalam setiap aspek hidup kita. Apakah pendapatan kita seimbang dengan pekerjaaan yang kita lakukan? Waktu yang kita habiskan untuk pekerjaan, apakah diimbangi dengan waktu untuk keluarga dan teman? Tenaga dan pikiran yang dikerahkan untuk karir, apakah juga dibagi untuk rekreasi dan santai?

Hal utama yang harus kita pelajari tentu saja hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Semakin kita menguasai ilmu yang berhubungan dengan pekerjaan, tentu semakin besar kesempatan untuk sukses. Tetapi selain itu, kita juga harus punya pengetahuan umum akan dunia luar.

Orang yang berpengetahuan luas:

– lebih percaya diri.

– bereaksi cepat dalam segala situasi.

– lebih bijaksana dalam bertindak dan membuat keputusan.

– tidak gampang tertipu.

– lebih berkarakter dan menjadi inspirasi bagi orang di sekitarnya.

– lebih mampu mengenali hambatan-hambatan dalam mencapai apa yang diinginkan.

– lebih dihormati.

– hidup menjadi lebih bermakna.

Bagaimana dan Di mana Saya Belajar?

1. Kita bisa saja secara tidak sengaja mempelajari sesuatu hal yang baru misal, dari televisi atau radio. Bisa waktu membaca artikel di majalah, status teman di facebook dan lain-lain.

2. Untuk mendapat jawaban dari satu pertanyaan tertentu, kita bisa bertanya pada orang yang mungkin tahu atau mencari jawaban di internet. Tetapi harus diingat, tidak semua yang tertulis di internet adalah pasti benar, karena itu, selalulah membaca lebih dari satu sumber untuk pertanyaan yang sama.

3. Untuk mendapat pengetahun baru secara acak setiap hari, bisa ‘suka’ berbagai page di facebook yang update status baru setiap hari. Saya pernah membaca tulisan seseorang yang isinya kira-kira begini, ‘Jika anda hanya membaca rubrik-rubrik kesukaan anda di majalah, setelah selesai membaca, anda tidak lebih pintar dari sebelum anda mulai membaca majalah itu.’ Karena itu, waktu memilih page untuk di ‘suka’, pilihlah page dari segala bidang pengetahuan. Jika anda memiliki akun facebook, tentu anda sering melihat page yang diusulkan untuk di ‘suka’i. Jangan ‘suka’ semua yang membuat newsfeed anda belepotan dengan hal-hal yang tak berguna yang menghabiskan waktu anda saja tanpa memberi manfaat yang anda butuhkan. Selalu cari tahu apa saja pengetahuan yang mereka tawarkan setiap hari. Menurut saya, cara ini lebih praktis untuk menambah pengetahuan umum dari pada subscribe ke website jika anda tidak mempunyai banyak waktu untuk membaca. Pengetahuan yang ditawarkan di page facebook biasanya singkat. Bila ada satu hal yang anda rasa menarik dan ingin tahu lebih mendalam, baru cari di search engine seperti google.

4. Membaca buku mulai dari fiksi, roman, novel, detektif, hingga non fiksi, biografi, kisah perjalanan dan sebagainya, selain menyenangkan juga menambah pengetahuan. Bila tidak mau / tidak sanggup membeli, bisa sewa atau pinjam dari toko buku, teman atau perpustakaan.

5. Bepergian membuat kita mengenal daerah-daerah baru dan kebudayaan lain. Jika anda mampu, bisa bepergian ke luar negeri, mengenal negara dan kebudayaan lain. Membuat kita lebih mengerti peta dunia.

6. Orang yang punya hobby tertentu, perlu menguasai banyak hal tentang hobbynya jika ia ingin mengembangkan hobbynya. Terutama bila hobby tersebut bisa menjadi sumber penghasilan. Jika anda tidak memiliki hobby, mulailah satu hobby baru.

7. Membaca buku… oh… sudah ya….:-)

learn

http://www.theguardian.com/education/2011/aug/08/bottled-water-taste-research

tmp_90acffbc9450f0c1de7f2d5e866ff6fd592262918

Betulkah apa yang tertulis di gambar di atas? Mari cari tahu di http://en.wikipedia.org/wiki/Water

Tahukah kamu bahwa hampir 90% tumbuhan di dunia ini memerlukan polinator? Termasuk tumbuhan yang kita perlukan sebagai makanan. Kalau serangga musnah, kita akan kekurangan pangan.

BELAJAR membuat hidup lebih menyenangkan, apalagi bila kita sendiri yang menentukan apa yang mau kita pelajari. Lain sekali dengan sekolah dan seabrek pe er nya bukan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s