CANTIK ATAU PINTAR, PILIH MANA?

oleh Rose Chen

Mengapa kita dinasehatkan nenek untuk melihat bibit, bebet dan bobot calon pasangan sebelum kita memutuskan untuk menikah? Jika anda bingung memilih antara dua wanita yang anda sukai, keduanya sama baik; bedanya, yang satu cantik tapi kurang pintar, yang lain pintar tapi kurang cantik, yang mana yang anda pilih?

8b157f4b906bde9730519319e10cae27

Normalnya, setiap sel tubuh kita memiliki 23 pasang kromosom. Kromosom inilah yang menentukan penampilan diri kita, baik fisik ataupun mental. Ke- 22 pasang itu (disebut autosom) hampir sama pada pria maupun wanita. Satu pasang berbeda sekali, yaitu kromosom seks yang menentukan jenis kelamin. Kromosom laki-laki adalah pasangan kromosom X dan Y. Sedang perempuan keduanya adalah kromosom X. Ini artinya bila anak yang lahir adalah wanita, berarti dia menerima kromosom X dari ayahnya, tapi bila yang dari ayah adalah kromosom Y, maka yang lahir adalah anak laki-laki. Dengan perkataan lain, pria yang menentukan anak yang lahir, lelaki atau perempuan.

Dalam kromosom Y ada sekitar seratusan gen, tapi sepertinya hampir tak ada satupun yang berhubungan dengan kemampuan kognitif, seperti berpikir, mengenali pola, membuat rencana, dan lain – lain. Kromosom X memiliki lebih dari seribu gen dan sebagian besar ada hubungannya dengan kemampuan kognitif. Tentu saja gen-gen lain juga berpengaruh terhadap inteligensia.

Selain itu, hasil penelitian menunjukkan, ternyata cara seseorang interaksi dengan dunia sekitar, dan karakternya, sangat dipengaruhi oleh hubungan dengan ibunya di dua tahun pertama kehidupannya. Mengapa? Ada kemungkinan karena pada saat itu, otak kita tumbuh dengan kecepatan luar biasa.

Jika satu gen dalam kromosom X seorang wanita mutasi (berubah sifat), maka dia mempunyai kromosom X satu lagi yang bisa jadi cadangan; tetapi pria tidak memiliki cadangan kromosom X itu.

Ahli genetika Horst Hameister dan koleganya melakukan penelitian di University of Ulm, Jerman, menemukan bahwa lebih dari 21 persen kelainan otak disebabkan mutasi pada kromosom X. Mungkin ini sebabnya penderita kelainan mental lebih banyak adalah pria.

Gillian Turner, seorang profesor di bidang Genetika Kedokteran di University of Newcastle, Australia, juga berpendapat bahwa gen yang menentukan cara berpikir seseorang terdapat dalam kromosom X. “Dalam sejarah manusia, tidak ada yang berevolusi lebih cepat dari inteligensia,” katanya.

Benar bahwa hasil test IQ rata-rata wanita sedikit lebih tinggi dari pria, dan lebih banyak laki-laki yang cacat mental, tetapi laki-laki juga yang lebih banyak memiliki IQ super tinggi.

Bagaimana ini bisa terjadi? Bayangkan, seorang ibu menurunkan gen jenius kepada anak lelakinya, anak lelakinya jadi jenius, tetapi dia hanya bisa menurunkan gen ini kepada putrinya yang mendapatkan kromosom X juga dari ibunya. Kemungkinan besar, sifat gabungan dua kromosom X ini tidak menghasilkan kejeniusan seperti pada pria di mana kromosom X jenius adalah murni.

Inteligensia adalah hal rumit yang tidak bisa dikaitkan hanya pada satu gen. Otak bekerja optimal dengan adanya kerjasama antara faktor keturunan, nutrisi dan faktor luar lain. Inteligensia itu sendiri ada berbagai jenis. Mungkin seseorang sangat jenius di bidang musik, tapi tidak di bidang komunikasi ataupun emosional.

Di sini kita melihat besarnya peran seorang wanita dalam menghasilkan komunitas yang baik, karena itu mendidik wanita adalah sangat penting untuk kemajuan satu negara.

Jadi, jika anda ingin mempunyai anak lelaki yang jenius, anda perlu donor sel telur yang jenius dan bukannya donor sperma jenius.

Sudah tahu sekarang mau pilih yang mana? 🙂

2e3df349a30a671e1cee8c6fa0d4e56f

Sumber:

Intelligence and the X Chromosomes 

Discover

dan beberapa sumber bacaan lain.

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s