DUA KUPING BISA NAMPUNG?

oleh Rose Chen

Tak menunggu lama habis pengumuman hasil pilpres 2014, braaak…. tiba-tiba aja newsfeed efbe gua penuh status-status nanya gini : Menurut anda, apa seharusnya yang menjadi prioritas pembangunan pemerintah baru kita?

Rasanya dulu ga pernah deh ada yang bertanya seperti itu. Sepertinya kali ini, semua pada sibuk, ikut-ikutan kepo, pada mikir dua kuping Jokowi bisa nampung ocehan puluhan juta mulut, rasanya gak mungkin deh… harus ada yang bantu dia nih.

Semua menjawab sesuai dengan kepentingan masing-masing. Gua mikir, ini mah udah mencakup semua bagian, jadi gimana ya Pak Jokowi itu menentukan yang mana satu yang akan dia jadikan prioritasnya? Buang undi kali dia…

Iseng-iseng, gua rangkum aja tuntutan orang-orang itu. Mana tau tiba-tiba gua dipanggil Pak Jokowi untuk mengisi kabinet yang lagi dia himpun. Katanya cari orang baru dengan rekam jejak yang bersih… nih… gua orang baru nih… sepatu gua juga selalu bersih, kalau mau direkam, ntar gua beli yang tumit tinggi, biar lebih jelas terekam suaranya kalau gua lagi jalan.

1. SUMBER DAYA MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Ceilee… keren amat ya judulnya. Yang gua baca, orang nuntut ini nih…

Bagikan Kartu Sehat dan Kartu Pintar (Di Taiwan ada sistem asuransi kesehatan negara dengan pembayaran premi sesuai penghasilan, tapi mungkin sulit diterapkan di Indonesia ya?)

Benahi dong sistem pendidikan, jangan bolak balik ganti kurikulum baru. (Gua bilang sih, mutu dan gaji guru mesti diperhatiin, guru yang miskin bisa nyari jalan samping untuk dapat duit.)

Revolusi mental (Cuci semua otak, ganti dengan yang baru.)

Jangan ada lagi masalah SARA (Mulai dari diri loe dan keluarga loe sendiri.)

Tempat – tempat ibadah mengharuskan umatnya yang akan menikah untuk mendapatkan pendidikan keagamaan pranikah. (Setau gua ada beberapa tempat ibadah Buddha, Katolik dan Kristen yang mempraktekkan hal ini, tapi tidak mandatory.)

Budaya adalah milik negara. (Apa sih maksudmu, bro? :p)

Gua boleh dong nambah, uda capek-capek ngerangkum…

1. Benahi daerah wisata. Di luar negeri banyak tempat wisata yang aduh maaaakkk, entah apanyaaaalah yang indah, gak ngerti gua. Pemandangan biasa-biasa aja, iyanya tempat wisata mereka itu dibuat rapi, bersih, dikasih air mancur, patung, ditanami bunga-bunga indah. Pintar mereka menggunakan apa yang ada. Coba kalau transport ke tempat-tempat wisata kita dibagusin, mudah dicapai, bangun hotel, penduduk setempat ditatar mengenai kebersihan, kita gak perlu ke luar negeri lagi, trus uang kita juga gak ngalir ke negara orang.

2. Bina atlit nasional, tingkatkan kesejahteraan mereka.

3. Hargai kebudayaan lokal. Lestarikan pesta-pesta adat.

2. POLITIK, HUKUM, PERTAHANAN, DAN KEAMANAN

Tegakkan hukum! (Selama ini miring ya, sis?)

Disiplinkan PNS, berantas korupsi di setiap level! (Nah, kalau ini gua setuju, bro.)

Gua takut, kalau gua gak nambah dengan tuntutan gua, ntar gua dikira bego…

1. Benahi kembali UU dan RUU yang tidak masuk akal ataupun saling bertentangan.

2. Jangan sampai ada satupun badan yang memiliki kekuasaan berlebihan seolah tanpa batas.

3. Reformasi birokrasi. Bayangkan banyaknya kerjaan yang dapat dituntaskan kalau birokrasi dirampingkan… gua mempertimbangkan ngajar yoga sama si birokrasi, atau kusuruh aja dia beli sepatu lari ya?
 3. KEMISKINAN, KETENAGAKERJAAN, DAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM)

Pengentasan kemiskinan ( Hihihi, setiap gua baca pengentasan, kok pikiran gua langsung ke induk ayam gua dan anak-anaknya ya?)

Ciptakan lapangan kerja ( Sim salabim! )

Gak ikut ngoceh itu pantang!

1. Beri jaminan sosial untuk orang cacat dan tak mampu.

2. Berikan perhatian kepada badan-badan swasta yang melakukan kegiatan sosial.

4. SARANA DAN PRASARANA

Realisasikan tol laut! (Setuju!!!)

Batasi jumlah mobil pribadi. (Seorang boleh punya berapa?)

Jangan impor kenderaan bekas dari luar negeri. (Hahahaha.)

Gua emang kepo, lu mau apa?

1. TRANSPORTASI adalah kata kunci untuk pemerataan kemakmuran, walau gua kurang tau gemboknya yang mana.

2. APARTMEN bagus (mutuuu bukan model), hemat energi dan terjangkau harganya.

3. Blok youtube dengan tayangan yang tak pantas ditonton seperti ISIS itu.

4. Televisi untuk edukasi dan informasi. Bukan nonton film cengeng melulu.

5. SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN HIDUP

Kedaulatan dan kemandirian pangan. (Dari semua tuntutan yang gua baca, gua paling suka yang satu ini deh.)

Cabut subsidi BBM. (Wah, wah, wah…. harga BBM naik dikit aja, semua udah pada demo, anda gimana sih ?)

Usut tuntas mafia migas! (Iniiii baru namanya t u n t u t a n.)

Apa lihat-lihat, lu pikir lu melotot kek gitu, gua bakal diam?

1. Reduce, Reuse, dan Recycle.

2. Nenek buyut gua dulu nelayan, tolong dong perhatikan pembangunan di bidang ini, negara kitakan negara bahari.

6. EKONOMI

Jangan takut, kali ini gua pilih diam.

7. PENGEMBANGAN REGIONAL DAN OTONOMI DAERAH

Konsen timur Indonesia.

Udah, itu aja yang gua rasa penting. Kalau ada yang gua lupa, ingatkan ya?

Ngomong-ngomong, apa sih prinsip penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah maupun Negara? Kata mbah gini :

1. Berdasarkan aspek pendapatan :

  • Intensifikasi penerimaan anggaran dalam jumlah dan kecepatan penyetoran.
  • Intensifikasi penagihan dan pemungutan piutang negara.
  • Penuntutan ganti rugi atas kerugian yang diderita oleh negara dan penuntutan denda.

2. Berdasarkan aspek pengeluaran :

  • Hemat, efesien, dan sesuai dengan kebutuhan.
  • Terarah, terkendali, sesuai dengan rencana program atau kegiatan.
  • Semaksimal mungkin menggunakan hasil produksi dalam negeri dengan memperhatikan kemampuan atau potensi nasional.

Ngantuk gua dengar penjelasan mbah, mungkin gembok yang kita cari adalah mental. Kalau gitu, kuncinya mestinya REVOLUSI mental ya…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s