RESOLUSI 2015

oleh Yuki Chen

Saya senang bisa mendapat tempat duduk di MRT dalam perjalanan pulang dari kantor di malam Natal, 24 December 2014. Sebagian besar penumpang saat itu membawa banyak bungkusan berisi kado atau tas tas belanjaan dari mall lengkap dengan kertas kado. Pasti mereka ingin segera sampai rumah buat menyambut dan merayakan Natal bersama keluarga atau pun cuma ramai-ramai berkumpul dengan teman yang ikut merayakan Natal.

Telepon saya berdering. Ternyata dari anak saya yang berumur 10 tahun yang menanyakan apakah saya akan pulang larut malam lagi. Dia adalah karunia Tuhan yang terbaik buat saya. Dia pernah bertanya apa makna hidup saya karena melihat saya sering pulang larut malam dan tidak ada waktu untuk hal lain kecuali makan dan mandi. Saya katakan bahwa saya senang dengan pekerjaan saya meski sedih karena tak punya waktu banyak untuk dia setiap hari, hanya bisa menemani dia di akhir minggu.

Dia senang mendengar saya sudah dalam perjalanan pulang.  Mengingat perjalanan cukup panjang, saya log in ke facebook. Yang pertama muncul adalah postingan teman “LAKUKAN SESUATU HARI INI YANG AKAN MEMBUATMU BERSYUKUR DAN BERTERIMA KASIH DI MASA YANG AKAN DATANG”

10884954_920326874645056_1307705655_n

sumber : facebook

Saya tersentak, pernahkah saya melakukan hal yang kelak akan membuat saya bersukur telah melakukannya?

Tak sempat merenung lama karena ada beberapa message yang belum saya baca dan balas. Saya sempat chatting dengan kakak yang kebetulan sedang online. Cerita kakak selalu memberi saya motivasi untuk mengisi hidup dengan hal-hal yang berguna.

Tiba-tiba terdengar pengumuman, “Statiun berikut adalah Tiong Bahru”. Aduh, saya sudah menjauh dari rumah karena lupa turun dan ganti jalur. Setelah ganti MRT yang menuju rumah, saya berusaha konsentrasi tapi quote itu terus terbayang.

Malam itu saya tidur larut sekali, tapi saya gembira akhirnya mengerti makna kutipan tersebut. Saya akan membuat resolusi untuk tahun 2015. Saya akan usahakan setiap hari berbuat sesuatu yang berguna untuk orang lain, tetapi terutama untuk diri saya sendiri agar kelak saya bisa berterimakasih karena telah melakukan hal yang berarti. Saya berpikir selama seminggu dan memilih resolusi untuk tahun 2015:

1. Saya akan mengutamakan menemani anak saya baik membuat pe er maupun sekedar bermain atau mendengarkan cerita-ceritanya. Pekerjaan atau orang lain harus menunggu.

2. Saya akan menanyakan kabar ibu saya paling tidak sekali seminggu.

3. Saya akan membaca paling sedikit satu buku sebulan.

4. Saya akan berhenti mengkonsumsi minuman botol dan minuman kotak tahun 2015.

5. Setiap malam selama tahun 2015, saya akan meditasi sebelum tidur dan memikirkan adakah saya marah kepada seseorang hari itu. Jika ada, saya akan berusaha memaafkannya malam itu juga. Saya juga akan berusaha selalu memaafkan diri sendiri.

6. Setiap hari saya akan mengatakan “I love you” pada paling sedikit satu orang diluar anak dan suami saya.

7. Saya harus belajar satu hal baru di tahun 2015. Saya akan belajar fotografi.

8. Saya akan mulai melakukan yoga sebelum Januari berakhir dan akan melakukannya dengan teratur di bulan-bukan berikutnya.

9. Saya akan keluar minum teh dengan teman paling sedikit sebulan sekali dan memperluas pergaulan.

10. Saya akan berbuat satu kebaikan setiap hari.

11. Selama tahun 2015, secara bertahap saya akan mengganti semua produk yang kami pakai dengan yang lebih sehat dan hijau. Misalnya, hanya akan memakai sabun mandi padat, bukan yang cairan, memakai deterjen yang biodegradable, berhenti memakai pelembut dan lain-lain.

12. Tidak mengingkari ke sebelas janji saya ini.

Tapi sebelumnya, malam ini, saya mau menelepon teman saya yang sudah tiga tahun tidak berbicara dengan saya, saya akan minta maaf kepadanya, walau saya tidak tahu apa salah saya yang membuat dia tidak mau berbicara dengan saya.

Jika saya bisa menepati resolusi saya ini, pastilah akhir tahun depan saya akan berterimakasih sekali kepada saya yang sekarang. Ha! Semoga!

ed59f4b894184abf53182e58a25d5024

sumber: taytayhser.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

